Kamis, 13 Juli 2017

Temui Kapolri, Pansus angket KPK minta dukungan pengamanan


Satudarahku - Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) melakukan silaturahmi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan. Dalam silaturahminya itu, pansus angket meminta dukungan kepada Kapolri terkait penyelidikan yang dilakukan pansus angket.

"Yang kami minta dukungan peran Polri untuk dapat tugas penyelidikan yang dilakukan Pansus bisa berjalan efektif dan efisien yang tentunya tidak menimbulkan hal yang justru kontraproduktif misalnya menghindari mobilisasi massa atau hal lain yang membuat gaduh," kata Ketua Pansus Angket, Agun Gunandjar usai melakukan pertemuan tertutup dengan Kapolri di gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Lebih lanjut, Agun menjelaskan, adanya pansus angket yang dibentuk oleh DPR ini tidak memiliki kepentingan apapun. Karen pansus angket ini merupakan lembaga yang diatur konstitusional yaitu Undang-undang MD3.

"Kami jelaskan Pansus ini adalah lembaga konstitusional diatur UU MD3. Yang tidak lain untuk menjalankan fungsi konstitusional. Hak angket ini nggak ada niat membawa kepentingan untuk ABCD, tapi tugas penyelidikan akan dijalankan sesuai UU," kata dia.

Selain meminta dukungan terhadap Kapolri, Agun juga berjanji agar Pansus Hak Angket KPK tidak menimbulkan kegaduhan selama menjalani tugas-tugas menjadi pansus angket KPK.

"Setelah pertemuan, memang disepakati agar Pansus ini tidak menimbulkan kegaduhan, tapi bisa membuat semakin baik maksimal, korupsi bisa kita tekan dengan adanya satu bentuk pengormatan, penghargaan hak azasi yang dikeluhkan warga," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjamin keamanan para Panitia Khusus (Pansus) hak angket KPK dalam menjalani tugasnya. Apalagi agar tidak sampai menimbulkan kegaduhan.

"Memberikan pengamanan agar situasi tetap jalan kondusif tidak timbul kegaduhan apalagi sampai menimbulkan aksi anarkis. Itu sudah menjadi tugas dan fungsi Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pansus berjalan," kata Tito ditempat dan waktu yang sama.

Lebih lanjut, Tito menyebut bahwa pengamanan kepada pansus angket menjadi tugas pokok polri dalam mengamankan anggota DPR, pansus angket, saksi dan juga narasumber yang dipanggil oleh pansus angket.

"Kemudian juga pengamanan untuk anggota-anggota pansus, saksi dan juga narasumber kalau seandainya diperlukan kita juga siap sekali lagi ini tugas pokok Polri juga memberikan keamananan apalagi kepada anggota DPR warga negara yang terhormat," tandasnya.

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent