Senin, 10 Juli 2017

Polisi bekuk dua maling emas & berlian di Indragiri Hilir


PERISTIWA - Polsek Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir berhasil menangkap dua pria terduga pelaku pencurian rumah kosong pada Minggu kemarin. Para tersangka berprofesi sebagai buruh, diketahui berinisial An (29), warga Jalan Sederhana Tembilahan Hulu dan Mul alias A (42), warga Jalan Provinsi Parit 6 Tembilahan Hulu.

"Kedua tersangka ditangkap anggota Polsek Batang Tuaka berdasarkan informasi dari masyarakat tentang keberadaan mereka. Petugas menangkap keduanya di rumah masing-masing tanpa perlawanan," ujar Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dolifar Manurung, Senin (10/7).

Sedangkan korban pencurian atas aksi keduanya adalah Mona (33), warga Jalan Lintas Sungai Piring Kelurahan Sungai Piring, Kecamatan Batang Tuaka. Dia melaporkan kejadian pencurian saat rumah dalam kondisi kosong untuk berlebaran di Pekanbaru pada Selasa pekan lalu.

"Pencurian itu terjadi saat korban dan suaminya H Sugianto baru kembali dari Pekanbaru, melihat rumahnya dalam kondisi berantakan, mereka yakin maling sudah masuk ke rumahnya. Kemudian kedua korban memeriksa isi rumah," kata Dolifar.

Setelah dicek, ternyata korban kehilangan empat buah kalung liontin milik anak korban dengan berat 2,5 gram senilai Rp 10 juta, 1 kalung emas putih 20 gram senilai Rp 9 juta, 1 gelang emas 22 karat seberat 126 gram senilai Rp 55,4 juta, 1 cincin berlian senilai Rp 3,5 juta, 1 cincin emas seberat 1 mayam senilai Rp 1,8 juta, 1 cincin emas 22 seberat 2 gram senilai Rp 880.000, 1 HP Samsung dan 1 HP Nokia.

"Total kerugian korban sebesar Rp 87 juta. Pelaku diduga masuk ke rumah lewat pintu sarang walet sebelah dengan menggunakan tali tambang warna hijau," kata Dolifar.

Atas laporan korban, polisi melakukan penyelidikan pelaku pencurian di rumah korban. Dari hasil olah tempat kejadian perkara serta dari informasi yang dikumpulkan di lapangan, ditemukan bukti petunjuk.

Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan dan mengantongi nama pelaku. Lalu petugas melacak keberadaan kedua tersangka. Akhirnya keberadaan An, dapat terdeteksi sedang berada di rumahnya.

“Petugas bergerak dan berhasil mengamankan An, tanpa perlawanan. Saat diinterogasi, tersangka mengaku melakukan pencurian dengan temannya Mul alias A. Petugas kembali bergerak dan menangkap tersangka kedua di rumahnya tanpa perlawanan," jelas Dolifar.

Dari kedua tersangka ditemukan barang bukti berupa uang pecahan Rp 2.000 sebanyak 50 lembar dan uang pecahan Rp 100.000 sebanyak 8 lembar. Kedua tersangka mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian dengan cara memanjat dinding belakang rumah korban.

Mereka menggunakan tali nilon, kemudian masuk ke rumah dan mendobrak pintu sarang walet dan masuk ke kamar mengambil harta benda milik korban. Setelah berhasil, keduanya juga turun kembali dari tempat yang sama dengan menggunakan tali.

“Saat ini, kedua tersangka, sudah diamankan di Mapolres Indragiri Hilir, untuk proses hokum selanjutnya,” pungkas perwira menengah jebolan Akademi Kepolisian tahun 1996 ini.


SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent