Sabtu, 08 Juli 2017

Ketua Pansus KPK debat panas dengan mahasiswa, audiensi gagal


Satudarahku - Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) dan Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan audiensi dengan Panitia Khusus Angket Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat (7/7). Audiensi ini digelar usai mereka menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR menolak Hak Angket.

Dalam audiensi, mahasiswa meminta Pansus KPK menemui peserta aksi yang melakukan demonstrasi di depan Gedung DPR untuk berdialog. Namun, permintaan ditolak oleh Ketua Pansus Hak Angket KPK Agung Gunandjar.

Alasannya, dialog dapat digelar dalam ruangan audiensi yang berada di Gedung Nusantara Ruang KK III tersebut. Terlebih, lanjut Agun, ia meminta agar mahasiswa mengisi absen sebagai tanda bahwa Pansus telah menerima audiensi.

Namun, mahasiswa menolak menandatangani absen. Bahkan, mahasiswa melempar absen dan tak mengakui keabsahan Pansus.

"Kami tidak mengakui anda-anda sebagai Pansus, kami hanya mengakuinya sebagai wakil rakyat, oleh karena itu kami meminta untuk menemui massa aksi di depan," kata seorang mahasiswa.

"Lalu kalau tidak mengakui kami, saya datang ke sana sebagai apa? Saya ini Ketua Angket," timpal Agun.

Peserta rapat tetap tidak mau menandatangani daftar hadir. Agun kemudian memutuskan untuk menutup audiensi. Dia lantas menganggap audiensi ini tidak pernah terjadi.

"Kalau begitu, rapat kami tutup dan dianggap tidak pernah terjadi," kata Agun.

Usai mengetuk palu tanda audiensi telah berakhir, Agun, Wakil Ketua Pansus KPK Risa Mariska, anggota Pansus Masinton Pasaribu, Junimart Girsang, M Misbakhun langsung meninggalkan ruangan. Mahasiswa lantas naik pitam dan berteriak 'Tolak Hak Angket KPK'. Sementara, saat menyudahi audiensi, Agun dan anggota Pansus dikawal oleh Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR.

Mahasiswa yang hadir dalam audiensi itu di antaranya Ketua BEM UI 2017 Muhammad Syaeful Mujab dan Presiden KM ITB, Ardhi Rasy Wardhana. Mereka merupakan bagian dari peserta aksi dukung KPK dan Tolak Hak Angket yang digelar di depan Gedung DPR, Jumat (7/7).

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent