Minggu, 09 Juli 2017

Baru sehari kerja di tambang, simpatisan ISIS berniat ke Suriah


PERISTIWA - Simpatisan ISIS yang ditangkap Polda Sumsel, Toni Rianda (24), baru bekerja sehari di salah satu perusahaan tambang di Muara Enim. Terperiksa berencana berangkat ke Suriah untuk mendalami jaringan itu.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, terperiksa berangkat dari kampungnya di Riau menuju Muara Enim, Sumatera Selatan, menggunakan bus beberapa hari lalu. Kedatangannya di Muara Enim karena mendapatkan tawaran pekerjaan.

"Kita sudah komunikasi dengan perusahaan (tambang) di sana (Muara Enim), terperiksa baru sehari bekerja. Dia ingin ke Suriah," ungkap Agung, Sabtu (8/7).

Agung menyempatkan berbincang dengan terperiksa di ruang riksa Jatanras Polda Sumsel. Dari hasil perbincangannya, terperiksa mengaku menyesali perbuatannya. Tidak juga belum mengetahui jika ISIS termasuk organisasi radikal yang dilarang di Indonesia.

"Setelah dilihatkan video pemenggalan kepala oleh ISIS, dia baru tahu kalau itu seperti itu. Dia bilang menyesal pak," ujarnya.

Meski demikian, kata Agung, statusnya bisa saja dinaikkan menjadi tersangka jika di dalam laptop pribadinya ditemukan bukti-bukti kuat. Sanksi yang dikenakan yakni Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik Nomor 19 Tahun 2016.

"Dia belajar ISIS secara sendiri, buka Medsos. Nanti kita lihat hasil pemeriksaan, apa maksud memposting itu. Artinya kita menangkap pelaku ini untuk prefentifnya," pungkasnya.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent