Minggu, 02 Juli 2017

300 Personel gabungan sterilkan Kawah Sileri Dieng


PERISTIWA - Objek wisata Kawah Sileri di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara ditutup sementara menyusul letusan yang terjadi pada Minggu (2/7) sekitar pukul 12.00 Wib. Ada 300 personel gabungan dari BPBD, SAR, Polres, Kodim, Dinas Pariwisata, Kecamatan dan PVMBG pos Dieng serta relawan yang berjaga mensterilkan Kawah Sileri.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arif Rahman mengatakan kejadian tersebut tidak ditandai aktivitas gempa. Kawah Sileri merupakan kawah yang masih aktif dan pada bulan April dan Mei kemarin telah terjadi letupan freatik skala kecil. Sedang untuk kawah timbang dan beberapa kawah di dataran Dieng tidak ada peningkatan dan cukup aman bagi wisatawan.

BPBD dan pos Vulkanologi Dieng melakukan pengamatan visual dan melakukan pengukuran dari area kawah Sileri. Polres dan Kodim mensterilkan Kawah Sileri dengan menggunakan garis polisi. Sedangkan Relawan dan masyarakat berjaga di beberapa pintu masuk kawasan kawah Sileri untuk mengosongkan area kawah dan pemandian air panas dcanio.

"Jumlah kekuatan personel Relawan, BPBD, SAR, polres, Kodim, Dinas Pariwisata, Kecamatan dan PVMBG pos Dieng sebanyak kurang lebih 300 personel berjaga jaga. TRC BPBD Banjarnegara membuka posko Aju di Desa Kepakisan," ujarnya pada merdeka.com, Minggu (2/7).

Evakuasi para korban ke puskesmas Batur 1 Banjarnegara sudah dilakukan sejak pukul 13.00 Wib. Terhitung ada 17 korban berasal dari Kecamatan Peninggaran Pekalongan. Arif merinci, empat ibu-ibu mengalami luka akibat lontaran batu dan material kawah Sileri. Di antara orang dewasa, ada empat anak-anak berumur 2 tahun, 5 tahun, 9 tahun dan 12 tahun. Ia mengatakan korban yang lain saat ini tak mengalami luka serius hanya mengalami panik secara psikologis.

"Mereka masih syok karena mendengar suara gemuruh yang keras," ujar Arif.

Arif mengimbau atas kejadian ini, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan selalu tetap menjaga kewaspadaan di kawasan kawah Sileri. Para wisatawan diminta untuk tidak mendekati kawah Sileri dengan radius 100 meter hingga ditentukan update perkembangan dari pos vulkanologi Dieng Banjarnegara.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent