Rabu, 28 Juni 2017

Pemudik diimbau pulang sebelum puncak arus balik akhir pekan ini



PERISTIWA - Para pemudik diimbau untuk pulang dari kampung halamannya sebelum puncak arus balik Lebaran 2017 pada Sabtu (1/7) dan Minggu (‎2/7). Sebab, kepadatan lalu lintas diprediksi akan terjadi mengingat hari itu juga akan meningkatnya aktivitas pariwisata.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, waktu yang ideal untuk pulang kembali ke daerah domisili yakni Rabu (28/7) hingga Jumat (30/7). Pemudik yang kembali dari kampung halaman pada waktu tersebut dinilai tidak akan terhalang dengan mulai beroperasinya angkutan barang pada H+4 Idul Fitri 1438 H.

"Untuk mengantisipasi beroperasinya angkutan barang kembali, kami sudah siapkan kantung-kantung parkir yang siap dipakai parkir kendaraan angkutan barang, jika terjadi kepadatan di jalur. Walau ada antisipasinya, kami tetap mengimbau supaya pemudik segera kembali ke daerahnya, jangan menunggu Sabtu dan Minggu, untuk menghindari mix traffic," kata Dedi di Bandung, Rabu (28/6).

Jika terjadi kepadatan kendaraan-kendaraan pada Jumat, angkutan barang akan diparkir dahulu di tempat-tempat yang sudah disediakan. Sehingga, kendaraan pribadi pemudik diprioritaskan untuk melaju lebih dulu. Kendaraan pengangkut barang ini akan dilepas ke jalur kembali, setelah lalu lintasnya tidak terlalu padat.

Berkaca dari arus mudik pekan lalu, jalur utara tetap menjadi primadona bagi pemudik yang melintas di Jabar. Pihaknya bersama dengan Polda Jabar merencanakan rekayasa contra flow dari arah timur ke barat, di KM 61 sampai KM 41. Contra flow dilakukan dalam beberapa segmen, masing-masing segmen 10 kilometer, tergantung kebutuhan dan kepadatan arus balik. Antisipasi kepadatan arus balik menuju barat pun, katanya, dilakukan dengan membuka 10 gerbang tol tambahan di Tol Cikarang Utama, dari awalnya 21 menjadi 31 gerbang tol.

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent