Rabu, 07 Juni 2017

Djarot rumuskan pembuatan Perda soal tata kelola dan fungsi RPTRA


Satudarahku - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mengatakan bahwa Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) harus terus dijalankan sesuai dengan fungsinya. Karenanya, menurut mantan Wali Kota Blitar ini Peraturan Gubernur (Pergub) saja tidaklah cukup untuk mengatur pengelolaan RPTRA.

"Oleh karenanya kita buat pergub, apa cukup pergub? tidak cukup, makanya kami sampaikan misalnya contoh untuk RPTRA Pergubnya nanti kami ajukan. Kami sampaikan misalnya contoh untuk RPTRA, Pergubnya kami ajukan jadi Perda (Peraturan Daerah)," kata Djarot, di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/6).

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah mengajukan ke pemerintah pusat bahwa RPTRA merupakan pra-syarat untuk menjadikan kota yang ramah anak. Serta bisa diadopsi menjadi program nasional.

"Kami sudah ajukan ke pemerintah pusat bahwa RPTRA ini memang sebagai pra-syarat untuk menjadikan kota ramah anak dan perempuan. Ini bisa diterapkan di kota-kota lain sehingga bisa diangkat menjadi program nasional," ujarnya.

Djarot juga sempat menjelaskan nantinya, Perda tentang RPTRA itu akan berisi tentang pengelolaan serta fungsi dari RPTRA. Dari paparan fungsi RPTRA tersebutlah yang akan dikuatkan menjadi Perda.

"Isi perdanya tentang pengelolaan dan keberadaan RPTRA. Supaya fungsi RPTRA betul-betul ditujukan untuk membangun karakter masyarakat. Fungsi-fungsi akan kita kuatkan di dalam Pergub dan Pergub akan kita angkat kita ajukan ke dalam Perda," ungkapnya.

Perda ini ditargetkan akan diajukan ke Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) DKI Jakarta pada bulan Agustus mendatang. Namun Djarot belum bisa memastikan apakah Perda tentang RPTRA akan selesai sebelum masa kepemimpinannya berakhir pada bulan Oktober mendatang.

"Pergub Perdanya panitia butuh kajian akademis ya, paling tidak Agustus kita akan ajukan ke DPRD. Meskipun Oktober belum selesai tapi kan juga bisa dibahas di DPRD. Selama ini kan landasannya masih Pergub ya, nanti kita tingkatkan," pungkasnya.

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent