Sabtu, 03 Juni 2017

Diterjang banjir bandang, poros Samarinda-Bontang lumpuh


PERISTIWA - Jalan poros Samarinda-Bontang, Kalimantan Timur, dilaporkan lumpuh, Jumat (2/6) malam, menyusul banjir bandang kawasan permukiman di Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda. Ketinggian air dikabarkan hingga 1 meter.

Hujan deras mengguyur kawasan utara Samarinda yang dikelilingi banyak areal tambang batu bara, sekira pukul 21.00 Wita. Kurang dari 2 jam hujan mulai mereda. Namun demikian, banjir bercampur lumpur justru datang tiba-tiba, merendam ruas jalan poros Samarinda-Bontang maupun sebaliknya.

"Saya tadi dari Bontang ya, sepanjang jalan hujan deras. Sampai masuk Samarinda, itu jalan di Tanah Merah terendam sampai setengah motor. Lumpuh tadi jalan ke Samarinda," kata Suriansyah (42), pengguna jalan saat melintas di kawasan itu, Sabtu (3/6) dini hari.

Kondisi berbeda juga terjadi di lajur dari Samarinda ke arah Bontang. Pengguna jalan enggan melintas, menyusul derasnya arus banjir yang merendam poros jalan utama yang menghubungkan kedua kota itu.

"Memang arus deras, banjirnya dalam. Di beberapa rumah yang di pinggir jalan, terlihat terendam sampai 1 meter," ujar Suriansyah.

"Hujannya memang deras sekali Pak. Karena sore sebelumnya tadi, memang awan hitam tebal. Ternyata hujannya malam tadi, banjir campur lumpur," kata Arianto, warga Tanah Merah dihubungi terpisah.

Peristiwa banjir bandang itu yang terjadi di kawasan poros antarkota itu, juga dibenarkan petugas jaga BPBD Kalimantan Timur, Erwin. "Ya benar Pak (banjir bandang di kawasan Tanah Merah sekitar proyek Bandara Sungai Siring)," kata Erwin singkat.

Tidak hanya itu, banjir juga merendam 2 kelurahan di Sempaja Selatan dan Sempaja Utara, seperti yang terjadi di kawasan simpang empat Jalan KH Wahid Hasyim-Jalan PM Noor. Hingga dini hari ini, awan tebal masih menyelimuti kota Samarinda.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent