Kamis, 01 Juni 2017

Ditemani PKB, Gus Ipul daftar Cagub Jatim ke Partai Demokrat


Satudarahku - Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mendaftarkan diri ke Partai Demokrat sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018, Kamis (1/6). Wakil gubernur dua periode itu datang ke Kantor DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Jalan Kertajaya,Surabaya, diantar Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Halim Iskandar.

PKB sendiri, merupakan partai pertama yang mengusung Gus Ipul usai disurati 21 kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) tertanggal 19 Mei. Sebagai partai yang tunduk pada titah para kiai, partai besutan Muhaimin Islandar inipun terpaksa menggeser Halim dari kursi pencalonan.

Kemudian, Gus Ipul dan PKB ingin memperkuat barisannya dengan membangun koalisi untuk memenangkan Pilgub Jawa Timur. Dan hari ini, mereka membuktikan niatnya dengan mendatangi Partai Demokrat, dan kabarnya, sore nanti giliran datang ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jawa Timur, Jalan Kendangsari Industri, Surabaya.

Sementara saat tiba di kantor partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekitar pukul 13.30 WIB, Gus Ipul dan Halim serta rombongan, diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo dan Sekretaris Renvile Antonio.

Selanjutnya, mereka menggelar pembicaraan tertutup. Usai resmi mendaftar, Soekarwo menyematkan jas Partai Demokrat kepada Gus Ipul. Di sisi kanan seragam partai segitiga mercy tersebut terdapat nama Gus Ipul.

"Yang mengusulkan (Gus Ipul) dan dalam tanda petik mempengaruhi kan dari daerah. Tapi keputusannya nanti di majelis tinggi. Sebetulnya sama seperti yang di PKB, yang ngusulkan kan Pak Halim. Kebetulan Pak Ketua Umum (Halim) pas ke sini ramai-ramai, tapi prosedurnya seperti itu," terang Soekarwo yang juga gubernur Jawa Timur.

Meski begitu, Soekarwo mengakui bahwa pendaftaran Gus Ipul melalui Demokrat ini, masih tahap proses. "Ya proses, tapi proses itu sudah setengah matang. Saya dan Pak Halim sudah sepakat bahwa yang mendukung beliau (Gus Ipul) adalah Demokrat dan PKB," tegas Soekarwo.

Sementara Gus Ipul mengaku datang ke Partai Demokrat bersama rombongan PKB untuk meminta restu. "Saya terima kasih, memang datang ke sini (kantor DPD Partai Demokrat) untuk meminta restu, minta dukungan Pakde (Soekarwo)," kata Gus Ipul.

Dia mengakui, selama ini, 10 tahun mendampingi Soekarwo sebagai wagub, banyak menimba ilmu ke pllitikus yang akrab disapa Pakde Karwo itu. "Dan saya datang ke sini, ke Partai Demokrat diantar oleh Pak Halim, yang telah juga memtuskan memberikan kesempatan kepada saya," tandasnya.

Selanjutnya, Gus Ipul dan rombongan PKB menuju Kantor DPD PDIP di Jalan Kendangsari Industri untuk mendaftar sebagai calon gubernur, dan wajib membayar uang pendaftaran Rp 100 juta, sebagai syarat pendaftaran yang ditetapkan oleh partai kepala banteng moncong putih.

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent