Rabu, 24 Mei 2017

Tolak intervensi kiai NU, pengurus PKB Jatim ingin usung Gus Halim


Satudarahku - Meski disurati 21 kiai sepuh Nahdlatul Ulama untuk menyatukan suara di Pilgub Jawa Timur 2018, Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) tetap menginginkan Abdul Halim Iskandar maju sebagai calon gubernur.

Secara tersirat, surat para kiai sepuh ini meminta Gus Halim (Abdul Halim Iskandar) yang merupakan ketua DPW PKB Jawa Timur mundur dari pencalonan, yang rencananya akan melakukan deklarasi pada Juni mendatang.

Terlebih, Selasa kemarin (13/5) di Jakarta, Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan akan memutuskan siapa bakal calon yang akan diusung PKB pada 26 Mei. Ada dua calon yang disiapkan, yaitu Gus Halim dan Gus Ipul (Saifullah Yusuf).

"Keputusan terakhir dengan para ulama tanggal 26 Mei mendatang. Ada sekitar 35 kiai minta satu suara, nanti diharapkan dalam sowan saya ke para kiai sudah ada keputusan terkait dua nama tersebut," kata Muhaimin di Jakarta, Selasa kemarin.

Nah, melihat perkembangan politik inilah yang kemudian menjadi kekhawatiran bagi pengurus PKB di Jawa Timur. Terlebih, selain surat para kiai sepuh NU yang beredar pada Minggu lalu (21/5), hasil survei menyebut popularitas dan elektabilitas Gus Ipul jauh di atas Gus Halim.

Berangkat dari kekhawatiran inilah, sekitar 10 pengurus DPC PKB se Jawa Timur mendatangi kantor DPW di Jalan Ketintang Madya, Surabaya, Rabu (24/5).

Mereka menyampaikan sikap politiknya terkait Pilgub kepada pengurus DPW PKB Jawa Timur. Salah satu poin tuntutannya adalah, meminta partai tetap mengusung Gus Halim sebagai calon gubernur di 2018.

"Kami ingin DPP menetapkan Pak Halim sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur yang diusung PKB," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Lamongan, Ghofur yang mengklaim mewakili 38 DPC se Jawa Timur.

Ghofur menjelaskan, dukungan kepada kakak kandung Muhaimin Iskandar tersebut, merupakan hasil kesepakatan pada pertemuan pengurus PKB se Jawa Timur di Hotel Singgasana Surabaya hari Senin lalu (22/5).

Menurut Ghofur, Gus Halim merupakan kader terbaik PKB. Ketua DPRD Jatim itu juga kader murni yang berproses di PKB sejak dari ranting hingga DPW. "Beliau kader terbaik PKB Jawa Timur," ujarnya.

Di tempat sama, Sekretaris PKB Jawa Timur, Badrut Tamam membenarkan keinginan para pengurus DPC ini yang meminta Gus Halim dicalonkan sebagi calon gubernur. "Aspirasi ini akan disampaikan ke DPP. Tapi keputusan, tetap tergantung dari DPP," tandasnya.

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent