Minggu, 14 Mei 2017

Survei Pilgub Jabar: Ridwan Kamil teratas, Aa Gym masuk lima besar


Satudarahku - Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merekam tingkat elektabilitas beberapa tokoh baik dari kalangan kader maupun non kader partai. Lima nama dimunculkan dimana salah satunya adalah dai kondang Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym. Namun survei itu masih menempatkan Ridwan Kamil sebagai teratas.

"Ketika kami tanyakan kepada responden, siapakah tokoh yang akan dipilih jika Pilkada Jabar dilakukan sekarang? Jawaban lima teratas responden antara lain Ridwan Kamil masih menempati urutan pertama, dengan 24,4 persen," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, dalam rilis yang diterima merdeka.com, Sabtu (13/5).

Di bawah Ridwan Kamil ada nama Deddy Mizwar 15,6 persen, disusul Dede Yusuf 11,6 persen, Aa Gym 7,5 persen, dan Dedi Mulyadi 7,1 persen.

Menurut Rico, tingkat elektabilitas semua tokoh masih relatif flat, sehingga diperkirakan pertarungan masih akan ketat. "Apalagi undecided voters masih 20,7 persen, ditambah waktu sosialisasi yang masih panjang," ujarnya.

Dalam survei yang digelar pada 24 April sampai 3 Mei itu, ada fenomena Jakarta Effect yang juga terimbas pada Pilkada Jabar. Yakni terkait isu penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Ketika ditanya, apa perasaannya jika ada calon gubernur Jabar yang didukung partai-partai pendukung Ahok di Pilkada DKI? Ada 34,3 persen menjawab kurang suka, 33,4 persen biasa saja, 2,4 persen menjawab suka, dan tidak menjawab 29,9 persen," jelasnya.

Survei ini mengambil sampel 1.000 responden, dengan margin error sebesar +/-3,0 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.


SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent