Kamis, 18 Mei 2017

Soal angket KPK, NasDem tergantung jumlah peserta


Satudarahku - Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem Jhonny G Plate mengatakan pihaknya akan mengkaji dukungan terhadap penggunaan angket KPK. Jhonny menyebut, NasDem tidak akan meneruskan dukungan terhadap angket KPK, apabila legitimasi dari fraksi-fraksi partai politik lemah.

"Nasdem melihat selain substansi, apakah legitimasi politik terhadap angket masih kuat atau enggak. Walau substansi masih masuk akal, tetapi kalau legitimasi rendah. Misal yang ikut hanya setengah atau kurang dari setengah kami tidak akan teruskan," kata Jhonny di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/5).

Pimpinan DPR mengungkapkan, hingga saat ini belum ada fraksi yang menyetor nama ke Pansus KPK. Jhonny menilai keputusan terkait pembentukan Pansus angket KPK akan ditindaklanjuti dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) hari ini. Apabila legitimasi terhadap pembentukan angket ini kuat, NasDem akan mengirimkan wakilnya ke Pansus.

"Tetapi kalau ada legitimasi politik di bamus proses politik berikan dukungan yang kuat, NasDem perlu kirimkan wakil kami agar dalam perdebatan angket bisa letakkan duduk persoalan secara rasional sesuai UU," tegasnya.

Ketua DPP Partai NasDem ini menyadari dukungan terhadap angket KPK memang menimbulkan pro kontra. Sebab, kata dia, jika NasDem mengirimkan perwakilan, masyarakat akan menilai sebagai pelemahan KPK. Sementara jika tidak mengirimkan, NasDem tidak memiliki peluang untuk beradu gagasan terkait substansi angket KPK.

"Dari persepsi publik, kalau kami kirimkan wakil seolah kami ikut serta lemahkan KPK. Kalau enggak kirimkan wakil, kami kehilangan kesempatan berdebat secara benar untuk kepentingan pemberantasan korupsi," ujar Jhonny.

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent