Sabtu, 06 Mei 2017

Setnov sebut pemerintah harus evaluasi pengawasan rutan


PERISTIWA - Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan peristiwa kaburnya sekitar 200 orang tahanan dari rumah tahanan (rutan) Pekanbaru menyadarkan semua pihak terkait untuk mengevaluasi konsep pembinaan terhadap tahanan dan narapidana.

"Kejadian kaburnya tahanan dari rutan Pekanbaru ini menambah persoalan yang harus dibenahi penyelenggara negara," kata Setya Novanto dikutip Antara, Sabtu (6/5).

Menurut Novanto, peristiwa kaburnya tahanan dari rutan Pekanbaru bukanlah peristiwa yang pertama.

Sumber masalah dari persoalan ini rata-rata adalah karena tidak seimbangnya perbandingan antara warga binaan di rutan maupun lembaga pemasyarakatan (lapas) dengan petugas sipir.

"Bahkan, hampir semua rutan dan lapas telah melebihi kapasitas. Di rutan Pekanbaru, petugas sipirnya hanya puluhan orang tapi tahanan yang harus diawasi lebih dari 1.000 orang," katanya.

Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, persoalan yang sama juga sering terjadi di beberapa daerah. Sehingga, tidak menutup kemungkinan kejadian tersebut dapat terulang lagi.

Peristiwa yang terjadi di rutan Pekanbaru pada Jumat (5/5), membuat prihatin, sehingga perlu dicarikan jalan keluar bersama untuk mengatasi persoalan di rutan dan lapas, sesuai dengan kemampuan sumber daya manusia dan keuangan negara.

"Banyak analisa dari para pihak, mulai dari pentingnya penambahan kapasitas, penambahan personil, hingga merumuskan sistem pembinaan yang mampu mengakomodasi dan menyeimbangkan kebutuhan di rutan dan lapas," katanya.

Apapun solusinya, Setnov memandang sudah saatnya sistem pembinaan terhadap warga binaan dirumuskan bersama. Namun, katanya, kasus ini tidak bisa hanya menyalahkan petugas di rutan, lapas, apalagi menyalahkan kepada para tahanan dan narapidana.

"Dalam evaluasi sistem pembinaan, berbagai aspek harus menjadi pertimbangan untuk diperbaiki," katanya.

Novanto juga mengapresiasi langkah sigap aparat kepolisian, TNI, Pemerintah, serta masyarakat yang membantu mengembalikan tahanan ke dalam rutan, sekaligus mencari solusi yang cepat, efektif, dan efesien dari berbagai sudut pandang.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent