Minggu, 07 Mei 2017

Pengunjuk rasa Venezuela robohkan patung mantan presiden Hugo Chavez


PERISTIWA - Ribuan perempuan berpakaian putih menggelar aksi unjuk rasa di Venzuela untuk menentang kepemimpinan Presiden Nicolas Maduro. Tak hanya melakukan orasi dan menyanyikan lagu kebangsaan, mereka bahkan nekat menjatuhkan patung mendiang Presiden Hugo Chavez sebagai bentuk protes.

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino Lopez dengan tegas mengecam aksi tersebut. Terlebih para demonstran menghancurkan patung mantan presiden yang seharusnya diperlakukan secara hormat.



demonstran venezuela AP




"Mereka merupakan 'teroris' oposisi yang mencoba untuk memulai perang nonkenvesional di negara kita," tutur Lopez, seperti dilansir dari laman Washington Post, Minggu (7/5).

Serangkaian unjuk rasa dilakukan hampir setiap hari dalam lima pekan terakhir. Bahkan, dalam kurun waktu tersebut sebanyak belasan orang tewas akibat bentrok dengan petugas. Untuk mengantisipasi adanya kericuhan, polisi anti huru hara dikerahkan ke beberapa lokasi di kota besar untuk mengawal jalannya aksi unjuk rasa.

Para demonstran mengenakan perlengkapan untuk melindungi diri dari gas air mata dan peluru karet. Sementara sebagian lain memutuskan berbaris tanpa mengenakan pakaian atas. Bahkan, ada pula satu wanita yang datang dengan gaun pengantinnya.

"Siapa kita? Orang Venezuela! Apa yang kita inginkan? Kemerdekaan!" teriak mereka sepanjang unjuk rasa.

Aksi ini digelar seiring dengan memburuknya situasi di negara yang menyebabkan kesengsaraan bagi rakyatnya. Mereka melepaskan kemarahan karena menurunnya keadaan ekonomi yang memicu kelaparan dan kejahatan di antara masyarakat.

Hingga saat ini, gerakan protes yang melibatkan hampir seluruh kalangan masyarakat itu tidak menunjukkan tanda-tanda akan usai. Pada unjuk rasa Sabtu lalu, beberapa demonstran perempuan mendekati tentara untuk membagikan mawar putih dan mengundang mereka bergabung dalam perjuangan tersebut.


SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent