Minggu, 21 Mei 2017

Kompolnas: Di Akpol tidak ada militeristik dan budaya kekerasan


PERISTIWA - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea Pulungan menegaskan jika di lembaga pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) tidak ada militeristik maupun budaya kekerasan. Sebab, sistem pendidikan di Akpol disusun dan berada di bawah langsung Mabes Polri.

"Kami jelaskan sekali lagi, Akpol sama sekali tidak ada militeristik. Ya saya tegaskan itu. Dua tidak ada kultur kekerasan. Kalaupun ada yang terjadi itu semua adalah oknum. Semua dari sistem yang dibangun oleh Kepolisian Republik Indonesia," tegas Andrea Pulungan saat jumpa pers kasus tewasnya taruna Akpol Brigdatar Mohammad Adam di Ruang Loby Mapolda Jateng Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jawa Tengah Sabtu (20/5) malam.

Andrea juga mengucapkan terima kasih karena saat ini lembaga Polri sangat terbuka dalam pengungkapan kasus penyidikan penganiayaan yang dilakukan 14 taruna senior kepada Brigdatar Mohammad Adam hingga tewas.

"Terimakasih atas tanggapannya terhadap permasalahan ini, baik dari jajaran Polda, dari Irwasum, dari Propam yang anda sekalian bisa melihat bahwa Polri terhadap permasalahan ini begitu terbuka. Sekali lagi polri terhadap permasalah ini begitu terbuka," tandasnya.

Terkait kasus penganiayaan terhadap Brigdatar Mohammad Adam, Andrea menjelaskan perlu kajian mendalam. Mulai dari fasilitas, penambahan cluster bagi taruna dan perbaikan Sumberdaya Manusia (SDM) juga perlu dilakukan.

"Bagian besarnya perlu yang disampaikan Pak Gubernur (Akpol) tadi. Perlu dilakukan kajian-kajian mendalam. Terutama dari temuan-temuan kami memang fasilitas harus banyak diperbaharui dan ditambah cluster-cluster dan sumber daya manusianya. Memang ini berjalan tapi tidak semudah itu," ungkapnya.

Andrea menambahkan, kedepan, lembaga Polri harus terus memperbaiki kualitas pendidikan di Akpol. "Merobohkan gedung dan membangun claster tarulah supaya taruna tingkat 2 sendiri, taruna tingkat 3 sendiri-sendiri. Itu memang tidak semudah itu. Tapi memang upaya-upaya itu sudah jadi bahan tindak lanjut yang akan dilakukan kedepanya agar menjadi sebuah rencana dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan di Akademi Kepolisian," pungkasnya.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent