Selasa, 09 Mei 2017

Kepekaan orang tua terhadap anak langkah awal terhindar dari narkoba


PERISTIWA - Narkoba masih menjadi masalah pelik dalam solusi pemberantasannya. Narkoba bisa mengincar korbannya di semua lapisan masyarakat, mulai dari generasi muda hingga tua. Sehingga bukan hal yang berlebihan kalau dikatakan bahwa Indonesia dalam darurat narkoba.

Menyikapi masalah tersebut, Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) mengambil inisiatif dalam memberikan edukasi mengenai seluk-beluk, pencegahan dan penanganan bahaya narkoba di Indonesia, termasuk di keluarga dan lingkungan. Kepekaan orang tua terhadap perubahan sikap anak dan keterbukaan di keluarga adalah langkah awal dalam mewujudkan keluarga yang aman dan nyaman, terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Bagaimana kita akan menyatakan perang kepada bahaya narkoba, kalau kita tidak memahami seluk beluk peredaran narkoba, termasuk tidak mempunyai sensitivitas terhadap perubahan sikap anak karena tidak adanya keterbukaan di keluarga," kata Ketua umum IIPG, Deisti Novanto dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (9/5).

Menurutnya, perlindungan pertama dari bahaya ancaman narkoba adalah dari keluarga. "Ini adalah langkah nyata dari IIPG melalui koordinator Bidang Pendidikan, sebagai sensistivitas orang tua terhadap ancaman bahaya narkoba di kalangan generasi muda termasuk di keluarga dan lingkungan sekitarnya," jelasnya.

Senada dengan Deisti, koordinator bidang Pendidikan IIPG, Lita Aziz menambahkan, pentingnya pembekalan pengetahuan kepada para kader perempuan Partai Golkar dalam ikut serta mewujudkan keluarga yang nyaman, terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, program ini sejalan dengan program sebelumnya dari Bidang Pendidikan mengenai Sahabat Perlindungan Anak (SAPA) Indonesia yang telah bergulir setahun lalu.

"Program ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat, dimulai dari kader perempuan Golkar dalam upaya melindungi keluarga dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba," terang Lita.

Edukasi sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba ini dikemas melalui berbagi pengalaman (sharing session) bertemakan 'Mewujudkan Keluarga yang Aman dan Nyaman, Terhindar dari Bahaya Penyalahgunaan Narkoba'. Acara diikuti oleh seluruh organisasi sayap perempuan Partai Golkar seperti Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), Gerakan Perempuan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (GP MKGR), Gerakan Persatuan Perempuan (GPP) Kosgoro, dan lainnya. Hadir sebagai pembicara adalah dr. Aisah Dahlan, seorang pemerhati sekaligus aktivis yang secara konsisten dalam memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent