Kamis, 18 Mei 2017

Kasus curanmor 4 tahun lalu terungkap dari penadah jual motor di FB


PERISTIWA - Polisi mengungkap kasus curanmor yang terjadi 4 tahun lalu. Pengungkapan berangkat dari penyelidikan motor hasil curian dijual di facebook. Dua terduga penadah dibekuk. Sementara pelaku pencurian, dalam buruan kepolisian.

Keterangan diperoleh, motor Honda Beat milik Syaiful Bachri, 9 Februari 2013 lalu, hilang dicuri setelah dia memarkirnya di teras rumah di Jalan Pasundan, Kecamatan Sambutan, sekira pukul 00.30 Wita. Padahal, motor itu dalam kondisi terkunci stang.

"Setelah tahu motor hilang sekitar jam 3 pagi, dia langsung melapor ke Polsek ya (Polsekta Samarinda Ilir)," kata Kanit Reskrim Polsekta Samarinda Ilir Ipda Purwanto, kepada merdeka.com, Rabu (17/5) malam.

Polisi bergegas melakukan penyelidikan. Upaya pengungkapan kasus menunjukkan titik terang, diantaranya dengan melakukan pengamatan diantaranya di forum jual beli di media sosial Facebook.

Benar saja. Diantara postingan gambar motor yang diposting di akun komunitas Facebook, dicurigai adalah motor yang dilaporkan hilang 4 tahun lalu. Setelah dilakukan penyelidikan mendalam, disertai penyesuaian ciri-ciri motor, dipastikan motor itu adalah motor yang sebelumnya hilang dicuri, pada 2013 lalu.

"Personel melakukan penyamaran sebagai pembeli ya, berdasarkan info jual beli motor di Facebook itu," ujar Purwanto.

Pengunggah gambar motor di Facebook, Ari Nurhudin, ditangkap kemarin, saat petugas menyamar untuk bertransaksi, hendak membeli motor tersebut. Dari interogasi, Ari mengaku membeli motor tanpa disertai surat-surat itu, dari Saharuddin senilai Rp 3,8 juta. Ari dan Saharuddin, tinggal di Samarinda.

"Penyelidikan terus berkembang, dan kita amankan Saharuddin. Nah, ternyata Saharuddin juga mengaku beli motor itu, dari seseorang senilai Rp 2,3 juta, yang sekarang kita masukkan DPO (Daftar Pencarian Orang)," sebut Purwanto.

Kedua tersangka, Ari dan Saharuddin, meringkuk di sel tahanan Polsekta Samarinda Ilir. Keduanya dijerat dengan pasal 480 KUHP tentang Penadahan. Kepolisian masih mengembangkan kasus itu sampai saat ini.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent