Minggu, 21 Mei 2017

Jelang puasa, harga daging dan telur ayam di Palembang naik


PERISTIWA - Menjelang puasa Ramadan, harga daging ayam dan telur naik signifikan. Sementara bawang putih yang sempat melonjak kini berangsur turun.

Pantauan di Pasar KM 5 Palembang, harga daging ayam potong mencapai Rp 37.000 per kilogram. Harga ini naik sebesar Rp 3.000 sehari sebelumnya. Sedangkan pekan lalu masih di kisaran Rp 28.000 per kg.

Kenaikan juga terjadi di bahan pokok lainnya, seperti telur ayam. Saat ini, pedagang mematok telur dengan harga Rp 22.000 per kg, atau naik Rp 4.000 dari biasanya.

Menurut pedagang, kenaikan harga dua bahan pokok itu berasal dari agen. Namun, tidak diketahui penyebabnya. "Memang dari agen, tidak tahu kenapa. Mungkin karena permintaan mulai banyak," ungkap Suprapto (35), Minggu (21/5).

Kenaikan harga ayam dan telur berbanding terbalik dengan bawang putih. Jika sebelumnya harga bawang putih di kisaran Rp 80.000 per kg, kini turun menjadi Rp 56.000.

"Mungkin karena ada operasi pasar kemarin, bisa saja turun lagi," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel, Agus Yudiantoro mengaku akan mengecek penyebab kenaikan dua bahan pokok tersebut. Jika terjadi ulah nakal distributor, akan ditindak tegas.

"Kita cari dulu persoalannya, apa karena pasokan kurang atau permainan distributor," pungkasnya.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent