Jumat, 05 Mei 2017

Hadapi Pilgub Jabar 2018, Bawaslu rekrut 95 ribu pengawas


PERISTIWA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jabar akan merekrut 95 ribu pengawas menghadapi masa Pilgub Jabar 2018 mendatang. Pengawas itu nantinya akan disebar untuk mengawal penyelenggaraan di 16 kabupaten/kota pada Pilkada serentak tahun depan.

"Ada 95 ribu pengawas yang nantinya akan menjadi pengawas pada pilgub, pilbup/pilwakot yakni yakni keberadaan petugas pengawasan di tempat pemungutan suara sehingga setiap TPS akan diawasi oleh satu orang," kata Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto, di Bandung, Jumat (5/5).

Perekrutan petugas pengawas tersebut akan dilakukan dua bulan menjelang pencoblosan pada Juni 2018 mendatang. Adapun mekanisme perekrutannya petugas pengawas akan dilaksanakan oleh Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL).

Setiap PPL di 16 kabupaten/kota akan langsung menjaring bagi mereka yang berminat untuk membantu menyukseskan hajat demokrasi lima tahunan tersebut.

"Jadi untuk membentuk Panwaslu kabupaten/kota maka Bawaslu Jabar akan membentuk tim seleksi untuk Pilgub Jabar 2018 dan Pilkada Serentak di 16 kabupaten/kota," imbuhnya.

Nantinya 95 ribu petugas akan ditugaskan melakukan pengawasan di tempat pemungutan suara (TPS). Hal itu didasarkan pada Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Dengan adanya satu orang pengawas di setiap TPS maka ini akan memaksimalkan pengawasan pada saat pemungutan suara berlangsung," ujarnya.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent