Sabtu, 27 Mei 2017

Bakal diusung PKB, Gus Ipul siapkan koalisi Jawa Timur


Satudarahku - Wakil Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) hampir pasti diusung Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) di Pilgub Jawa Timur 2018. Tinggal menunggu rekomendasi yang resmi ditandatangani Ketum DPP PKB, Muhaimin Iskandar. Selanjutnya, Gus Ipul akan mengumpulkan kekuatan semua partai untuk membangun koalisi.

Ini disampaikan Gus Ipul usai membuka Festival Ramadan 2017 di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Jumat sore (26/5). Dengan wajah sumringah, salah satu ketua PBNU ini juga menyampaikan terima kasih kepada PKB itu atas kepercayaannya.

"Saya berterima kasih diberi kepercayaan oleh PKB. Saya juga akan mengumpulkan kekuatan lain untuk membentuk koalisi Jawa Timur," kata Gus Ipul.

Dia menjelaskan, koalisi Jawa Timur yang dimaksudkannya itu bertujuan untuk membangun suasana adem (dingin). "Maksud koalisi yang mungkin berbeda dengan koalisi di provinsi-provinsi lain. Kita ingin persaingan di sini tetap adem. Tidak perlu panas," katanya lagi.

Untuk mewujudkan mimpinya itu, Gus Ipul ingin mengajak semua pihak dalam satu barisan. Sehingga tidak ada partai yang merasa ditinggal. "Ini berangkat dari spirit kebersamaan yang disampaikan oleh kiai-kiai," ucapnya.

Lantas, dengan mengumpulkan semua kekuatan partai dalam satu barisan (koalisi) itu, Gus Ipul berharap aklamasi (calon tunggal)? "Bukan calon tunggal. Kita ingin kebersamaan. Soal calonnya nanti berapa, ya itu partailah nanti ya, kita, apa, menghormati proses internal partai."

"Tapi yang jelas, bahwa kiai-kiai dan PKB itu spiritnya, adalah membangun kebersamaan. Untuk itu, membangun kebersamaan dengan kekuatan-kekuatan lain," sambungnya.

Gus Ipul juga mengaku, dalam waktu dekat ini, agar koalisi Jawa Timur yang diimpikan itu terwujud, dia akan melakukan pendekatan ke sejumlah pimpinan partai.

"Dalam waktu dekat, saya akan mencoba safari, keliling ke beberapa pimpinan partai, untuk menyampaikan segala hal yang diperlukan. Supaya mereka juga tahu apa yang kami lakukan, apa yang menjadi gagasan-gagasan kami untuk membangun Jawa Timur ke depan," tandasnya.

Seperti diketahui, Ketum DPP PKB, Muhaimin Iskandar memutuskan akan mengusung Gus Ipul di Pilgub Jawa Timur 2018. Meski terpaksa harus menyingkirkan Ketua DPW PKB Jawa Timur, Halim Iskandar yang juga kakak kandungnya dari kursi pencalonan. Keputusan ini adalah hasil musyawarah dengan para kiai sepuh NU.

Musyawarah antara Muhaimin dengan para kiai sepuh NU di Ponpes Bumi Sholawat, Sidoarjo pada Kamis kemarin (25/5) itu, merupakan tindak lanjut atas surat 21 kiai sepuh NU tertanggal 19 Mei, kepada pengurus partai pemilik 20 kuris di dewan Jawa Timur tersebut. Salah satu poin surat itu adalah, agar PKB satu suara di Pilgub Jawa Timur. Dan hasilnya, Halim Iskandar terdepak dari kursi pencalonan partainya sendiri.

SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent