Rabu, 24 Mei 2017

84 Rumah Suku Badui hangus terbakar, api berasal dari tungku gula




PERISTIWA - Puluhan rumah suku Badui luar di kampung Cisaban, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak hangus terbakar, pada Selasa (23/5) malam. Musibah kebakaran permukiman suku Baduy luar tersebut itu menghanguskan 84 rumah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, api yang menghanguskan puluhan rumah milik warga suku Badui luar berasal dari tungku api pengolahan gula aren.

Lokasi kebakaran yang hanya bisa ditempuh dengan perjalanan kaki, berjarak sekitar tiga kilometer dari arah Kecamatan Sobang, menyulitkan dinas kebakaran pemda Lebak untuk menerjunkan unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar). Hal ini menyebabkan api terus berkobar dan menghanguskan puluhan rumah milik warga suku Baduy luar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dan pihaknya kini tengah membangun tenda-tenda untuk pengungsian dan juga posko-posko logistik.

"Masih disekitar tetangganya masing-masing, terus kita juga sedang membuat tenda sementara. Ada 84 rumah, 105 kepala keluarga dan 365 jiwa, penanganan sudah dilakukan, penyelematan masyarakat secara maksimal, posko pengungsian dan logistik sedang kita lakukan," kata Kaprawai, Rabu (24/5).

Sejauh ini pihak BPBD Lebak belum bisa menaksir kerugian akibat peristiwa kebakaran yang menghanguskan 84 rumah tersebut.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent