Selasa, 25 April 2017

Peringati Hari Buruh, Jokowi bakal temui TKI di Hong Kong


POLITIK - Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Hong Kong pada 30 April hingga 1 Mei. Kunjungannya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi.

Lawatan Jokowi ke Hong Kong ini bertepatan dengan Hari Buruh Nasional. Karenanya, tidak lupa dia menyempatkan diri bertemu dengan para tenaga kerja Indonesia di sana.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menjelaskan, salah satu fokus utama kunjungan Jokowi ke Hong Kong adalah perlindungan TKI.

"Tanggal 30 April Presiden Jokowi akan ke Hong Kong. Lawatannya ini bertujuan untuk memperkuat konektivitas dan ekonomi. Salah satu perhatian atau fokus utamanya terkait perlindungan TKI di Hong Kong," ujar pria akrab disapa Tata ini, saat ditemui di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (25/4).

Tata menegaskan ada sekitar 172 ribu warga negara Indonesia yang bekerja di Hong Kong.

"Pak Presiden akan tiba di sore hari di Hong Kong, tujuan utamanya terkait TKI kita. Tiba di sana, dia akan bertemu dengan TKI di Hong Kong," tuturnya.

Tujuan lainnya adalah untuk perkuat kerja sama ekonomi. Karenanya pada 1 Mei nanti Jokowi bakal bertemu dengan beberapa CEO dalam pertemuan bisnis. Mantan Gubernur Jakarta ini juga direncanakan akan bertemu dengan Kepala Dewan Eksekutif Hong Kong, Leung Chun-ying.

Beberapa isu yang didorong dalam pertemuan keduanya, yakni investasi, kerja sama industri kreatif, percepatan perundingan Hong Kong-ASEAN Free Trade Agreement.

"Di bidang investasi, kita akan mencoba mendorong pengusaha Hong Kong untuk investasi di Indonesia, khususnya bidang infrastruktur. Kemudian ada kerja sama industri kreatif, dan percepatan perundingan Hong Kong-ASEAN Free Trade Agreement. Diharapkan hal ini akan meningkatkan perdagangan kedua wilayah," imbuh Tata.

Ada dua nota kesepahaman yang akan ditandatangani, yaitu kerja sama bisnis dan kebudayaan. Diharapkan perdagangan kedua negara akan semakin meningkat seiring dibukanya Kantor Dagang Hong Kong pada pertengahan 2016 lalu.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent