Senin, 17 April 2017

Di Korsel, Wapres AS sambangi gerbang perbatasan dengan Korut



BERITA TERBARU - Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence memulai perjalanannya 10 hari mengunjungi negara di Asia Pasifik. Perjalanan pertamanya dilakukan ke Korea Selatan.

Di Korsel, secara mengejutkan Pence pergi ke zona yang didemilitarisasi (DMZ) dekat perbatasan Korut-Korsel. Pasalnya, tensi meninggi antara AS dan Korut karena uji coba misil yang akan dilakukan negara pimpinan Kim Jong-un tersebut.

Hari ini, Senin (17/4), AS dan Korsel direncanakan akan melakukan latihan gabungan jet tempur militer. Menurut media Korea Selatan, latihan tersebut untuk membuat nyali Korut ciut.

Pence menggunakan helikopter mengunjungi Kemah Bonifas, sebuah basis militer Perserikatan Bangsa-Bangsa dekat DMZ. Dia diperkirakan akan mengunjungi desa di Panmunjom, di mana pejuang Perang Korea ditandatangani. Desa itu berada di DMZ.

Pence yang ayahnya bertarung di Perang Korea mengatakan kepada wartawan bahwa aliansi antara Korut dan AS sangat bersejarah.

"Ada hubungan mendalam antara kedua masyarakat kami," ujarnya, seperti dikutip dari BBC.

Wapres AS ini tiba di Seoul pada Minggu, beberapa jam usai Korut menembakkan misil balistik mereka, yang disebut Pence sebagai tindakan 'provokasi'.

Pada akhir pekan kemarin, Korea Utara gagal meluncurkan tes misil terakhir. Padahal, misil tersebut ditembakkan untuk merayakan ulang tahun ke-105 Kim Sung-il.

AS sendiri sudah mewanti-wanti Korut untuk tidak melakukan aksi provokasi itu. Mereka bahkan menempatkan 'armada' di sebelah barat Pasifik.

Pence melakukan kunjungan selama 10 hari ke negara sekutu dan sahabat di Asia dan Pasifik. Usai dari Korsel, Pence akan ke Jepang, kemudian dilanjutkan ke Indonesia, Australia dan akan ke Hawaii untuk mengakhiri lawatannya tersebut.


SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent