Sabtu, 15 April 2017

Pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia tetap dilanjutkan


AGEN POKER TERPERCAYA - Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, optimis pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Pulaulaut-Batulicin, Tanah Bumbu, tetap dilanjutkan, meski ada penundaan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kotabaru, Suprapti Tri Astuti menjelaskan, Pemkab Kotabaru tetap memberi perhatian atas megaproyek pembangunan Jembatan Pulaulaut-Batulicin dengan mengalokasikan dana hingga 2018."Kami tetap komitmen dengan kesepakatan awal tentang pendanaan antara Kotabaru, Tanah Bumbu dan provinsi," kata Suprapti seperti ditulis Antara.

Pihaknya menepis anggapan pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulaulaut Kotabaru dengan Kabupaten Tanah Bumbu di daratan Kalimantan itu gagal. Namun, diakui ada penundaan pengerjaan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PU-Pera atas pekerjaan pada bentang tengah jembatan yang seharusnya dikerjakan tahun ini (2017), karena perlu kajian lebih dalam sebab menyangkut keselamatan.

Dia menjelaskan, adanya penundaan tersebut dimungkinkan akan terjadi keterlambatan penyelesaian, dari yang ditarget 2019, tapi dengan situasi ini bisa dituntaskan sekitar 2020 atau 2021.

Dalam kesepakatan yang tertuang dalam MoU, kelengkapan terkait kajian, studi kelayakan dan hal teknis menjadi tanggung jawab provinsi. Sedangkan daerah (Kotabaru) mendukung penyediaan lahan dan dana sebagaimana dalam kesepakatan senilai Rp 250 miliar.

"Jadi kita tetap koordinasi dengan provinsi, karena memang tidak bisa maju sendiri. kami juga sudah koordinasi dengan pihak-pihak lain, termasuk dengan badan pertanahan setempat terkait lahan dan ternyata sudah clear," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-Pera) Kalsel, Achmad Sofiani mengaku optimistis proyek pembangunan jembatan Pulaulaut terus berlanjut. Meski dalam Program Strategis Nasional (PSN) 2016, bentang tengah jembatan Kotabaru-Tanah Bumbu belum masuk daftar kegiatan, akan tetapi semangat pemerintah untuk menyelesaikan program itu terus dilakukan.

"Kami terus mendorong untuk pembangunan jembatan Kotabaru itu. Karena sudah ada fisik dari jembatan pendekatnya," katanya.

Dia menepis adanya proyek pembangunan jembatan sepanjang 6,4 kilometer ditolak oleh pusat dan tidak direstui sehingga mandek.

Kini Detail Engnering Design (DED) yang sudah selesai dibuat, diminta oleh komisi jembatan panjang untuk divalidasi atau diverivikasi oleh pihak yang mempunyai sertifikasi khusus.

Pembangunan Jembatan Pulaulaut yang menghubungkan Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu, terancam gagal karena dibatalkan oleh pemerintah pusat yang disampaikan kepada pemerintah provinsi.


SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent