Rabu, 12 April 2017

AGEN POKER TERPERCAYA - Lempengan batu di Mojokerto diperkirakan berusia 2-5 juta tahun


AGEN POKER TERPERCAYA - Struktur lempengan batu ternyata menyerupai candi, yang ditemukan warga Desa Begagan Limo, Kecamatan Gondang, Mojokerto, Jatim, dipastikan bukan situs. Kepastian itu setelah tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, meneliti bebaruan tersebut dan menyatakan itu fenomena alam biasa yang sejak sekitar 2-5 juta tahun lalu.

"Bahwa sebenarnya singkapan batuan yang tampak pasca banjir dan longsor di Begagan Limo itu, merupakan fenomena alam biasa," kata Agung Vidi, Staf BPCB Jawa Timur, Rabu (12/4).


Lempengan batu di Mojokerto 2017 merdeka.com/Budi

Menurut Agung, dari segi geologi, wilayah Kecamatan Gondang termasuk dalam zona kendeng bagian timur, endapan kenozoikum akhir, umur pliatosen-pliatosen.

"Zona itu diperkirakan berumur kurang lebih 2-5 juta tahun lalu," jelasnya.

Agung menambahkan, dilihat dari jenis, batuannya batu pasir berlapis napalan, batu pasir gampingan, perlapisan napal pasiran.

"Kejadian ini juga pernah booming di daerah Sidomulyo, Purworejo, Jawa Tengah. Jadi intinya, lokasi di Desa Begagan Limo, bukanlah hasil budaya manusia, itu terbentuk karena alam," terangnya.

Soal kenapa bisa terbuka, itu karena kontak antara clay dan bedrocknya itu ada media yang jadi bidang gelincir longsoran.

"Jadi intinya bahwa struktur itu terbentuk secara alam, bukan situs kuno seperti yang dipercayai warga setempat," pungkas Agung.

Seperti diberitakan sebelumnya, masyarakat menemukan lempengan batu tertanya menyerupai candi, di bukit Asmoro, lereng Gunung Anjasmoro, Desa Begagan Limo, Kecamatan Gondang, pasca terjadi longsoran bukit, sekitar 2 minggu lalu. Tumpukan lempengan batu disepanjang aliran sungai Watu Piring ini, dipercaya warga Desa Begagan Limo merupakan situs sebelum zaman Majapahit.


SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent