Minggu, 16 April 2017

Gelar uji coba, rudal terbaru Korut meledak saat diluncurkan


BERITA POLITIK - Untuk kesekian kalinya, Korea Utara (Korut) kembali menggelar uji coba peluncuran rudal terbarunya. Berbeda dengan sebelumnya, peluncuran ini mengalami kegagalan dan rudal tersebut keburu meledak sebelum benar-benar keluar dari landasannya.

"Negara komunis telah melakukan peluncuran rudal tidak dikenal dari kota pelabuhan Sinpo di pesisir timur pagi ini dan peluncuran ini diduga mengalami kegagalan," demikian pernyataan resmi dari militer Korea Selatan (Korsel), Minggu (16/4).

Pernyataan serupa juga diterbitkan militer AS mengenai uji coba yang gagal tersebut, di mana rudal itu meledak tepat saat peluncurannya.

"Komando Pasifik AS mendeteksi dan menemukan apa yang kami yakini peluncuran rudal Korea Utara pada pukul 11.21 waktu Hawai pada 15 April. Peluncuran ini berlangsung di dekat Sinpo. Tipe misil masih dalam penelitian," ujar juru bicara Komando Pasifik AS, Komandan David Benham.

Sementara pejabat Korsel menyebut rudal yang diluncurkan mirip dengan uji coba yang berlangsung awal bulan ini. Pada 5 April lalu, Korut meluncurkan jenis rudal balistik kelas menengah KN15 yang jatuh di Laut Jepang setelah mengudara sejauh 60 kilometer.

Uji coba terakhir ini berlangsung hanya beberapa jam sebelum Wakil Presiden AS Mike Pence dijadwalkan mendatangi Seoul, serta satu hari setelah Pyongyang menggelar parade militer sekaligus memamerkan rudal balistik peluncuran-kapal selam untuk pertama kalinya.

Insiden ini juga berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan antara Korut dengan AS beberapa minggu terakhir, atas akan terjadinya konfrontasi militer antara kedua belah pihak. Washington telah beberapa kali mengecap uji coba tersebut, namun Pyongyang menyebut peluncuran dilakukan untuk menghadapi potensi invasi dari AS atau Korsel.

Pekan lalu, armada kapal induk AS menggeser wilayah patroli mereka hingga mendekati semenanjung Korea sebagai reaksi atas uji coba senjata Korut. Armada Carl Vinson sebelumnya berencana buang sauh di Australia, dan beroperasi di Pasifik Barat.



SATUDARAHKU

SATUDARAHKU.COM Situs Berita Hari Ini Indonesia Yang Memberikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Setiap harinya . Seputar Berita Politik, Bisnis, Dan Gosip Terkini Secara Akurat

Recent